1.
Merupakan hakekat Dzat mutlak
yang kadim. Artinya; hakekat Dzat yang lebih dulu, yaitu Dzatullah, yang
menjadi wahana alam Ahadiyat yang ada adalah pohon kehidupan yang berada dalam
jagad yang sunyi senyap segalanya, dan belum ada sesuatu apapun
2.
Hakekatnya cahaya, yang
diakui sebagai tajalinya Dzat di dalam nukat gaib, sebagai sifatnya Atma,
menyebabkan adanya alam Wahdat
3.
Diakui sebagai rahsa Dzat,
sebagai namaNya, menyebabkan adanya alam Wahadiyat
4.
Berasal dari nur muhammad, itulah hakekat
Sukma yang diakui sebagai keadaan Dzat sebagai tabirnya Atma, menyebabkan
adanya alam Arwah
5.
Keadaan nur muhammad dan tempat
berkumpulnya darah seluruhnya adalah hakekat angan-angan yang diakui sebagai bayangan
Dzat, sebagai ikatannyaNya, menyebabkan adanya alam Mitsal
6.
Hakekat
Budi, diakui sebagai hiasannya Dzat,
sebagai pintunya Atma, menyebabkan adanya alam Ajsam
7.
Hakekat
Jasad yang meliputi 5 warna yang bergerak
, yang diakui sebagai Wahana Dzat, sebagai tempat Atma, menyebabkan adanya alam
Insan Kamil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar