Jumat, 18 Mei 2012

PURBATISTI PURBAJATI I SUNDA SEMBAWA SUNDA MANDALA


PURBATISTI PURBAJATI I SUNDA SEMBAWA SUNDA MANDALA
Tri Tangtu (Rama Resi Ratu) merupakan tiga kekuataan Purbatisti Purbajati i Bhumi Pertiwi yang menghasilkan Uga (perilaku) Ungkara (nasehat) Tangara (tanda alam), sebagai sistem polaperilaku dalam berbangsa dan bernegara yang telah dipergunakan oleh para Pangagung mwah Pangluhung i Sunda Sembawa Sunda Mandala.
Panyca Pasagi (Sir Budi Cipta Rasa Adeg) adalah lima kekuatan dalam diri manusia (Raga Sukma Lelembutan) yang merupakan dasar kekuatan untuk menimbulkan serta menentukan Tekad Ucap Lampah Paripolah Diri manusia yang akan dan harus berinteraksi dengan Sang Pencipta, Bangsa dan Negara, Ibu Bapak Leluhur, Sesama makluk hidup, dan alam kehidupan jagar raya (Buana Pancer Sabuder Awun).
Tri Tangtu sebagai karaktek tugas (mandala pancen) diterapkan guna kepentingan interaksi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kekuatan yang telah diberikan kepada setiap manusia dan bangsa oleh Tuhan Yang Maha Kuasa (Gusti Hyang Widi Sang Pencipta dan Penguasa Jagat Buana). Rama; berkarakter tugas menentukan dan membentuk suatu ketentuan berdasarkan sifat dasar kebenaran, Resi; berkarakter tugas mempertahankan ketentuan berdasarkan sifat dasar kebaikan, Ratu; berkarakter melaksanakan tugas Kepemimpinan berdasarkan sifat dasar guna manfaat. Sehingga Tri Tangtu merupakan gambaran kebaikan dan kebenaran yang berguna manfaat.
Tri Tangtu merupakan kekuatan sistem dalam polaperilaku yang saling keterkaitan antar sifat baik benar dan guna, sehingga tatkala Tri Tangtu dapat dilaksanakan maka kekuatan yang telah diberikan oleh Sang Pencipta dalam diri, bangsa dan Negara serta Alam Kehidupan Buana Pancer Tengah, benar-benar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya untuk ketentraman dan kenyamanan dalam berinteraksi.
Tri Tangtu dapat dilaksanakan oleh manusia sebagai makhluk termulya yang memiliki kekuatan pengendali utama dalam berinteraksi tentunya harus didukung dengan kekuatan diri manusia itu sendiri (Raga Sukma Lelembutan). Manusia memiliki awal dan asal kekuatan yang telah diberikan oleh Gusty Hyang Tunggal melalui kuasa dan kekuasaannya yaitu Ibu Bapak Leluhur manusia itu sendiri. Kekuatan Awal dan Asal yang bersumber dari Ibu Bapak Leluhur tersebut adalah Sir Budi Cipta Rasa Adeg disebut sebagai Panyca Pasagi (Catur Driya Panyca Pasagi).
Polaperilaku yang didasari kesadaran akan Purbatisti Purbajati (Tri Tangtu Panyca Pasagi), tidak akan bertentangan dengan nilai-nilai Dasar Negara dan Bangsa Indonesia sekarang yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, norma social kemasyarakatan, dan suatu agama, karena menyangkut polaperilaku yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk kebaikan, kebenaran serta guna manfaat.
Polaperilaku manusia yang didasari kekuatan diri Panca Pasagy yang bersandarkan pada Tri Tangtu, akan menimbulkan kesadaran diri, sehingga dalam melaksanakan interaksi kehidupannya sehari-hari sebagai bagian dari rumah tangga, keluarga, masyarakat, rakyat, bangsa dan Negara selalu mengutamakan kebaikan, kebenaran dan kegunaan, sehingga ketentraman dan kenyamanan dalam kehidupan sebagai makluk termulya dapat tercapai dengan keyakinan akan kekuasaan Gusty Hyang Widi.
Purbatisti Purbajati i Sunda Sembawa Sunda Mandala telah dilaksanakan oleh para Pangagung mwah Pangluhung Bangsa i Bhumi Pretiwi dalam memimpin bangsa dan Negara, sehingga tercapai taraf kehidupan yang sejahtera jaya sentosa, berwibawa disegani oleh semua bangsa di dunia, seluruh rakyat tunduk karena suka cita. Sehingga dituturkan kembali sebagai “kidung luhung ti karuhun, sasaka pusaka buhun, pikeun maruka wiwitan pakeun heubeul jaya di buana nanjer na juritan”, untuk diikuti dan dipahami oleh rakyat bangsa i Bhumi Pertiwi kiwari ka bihari. “mahayu na kadatuan surawisesa nu marigi sakuliling dayeuh nu najur sagala desa aya ma nu pandeuri pakena gawe rahhayu pakeun heubeul jaya dina buana,… hetunya nagaramu wus agheng jaya santosa wruh ngwang kottaman ri puyut katisayan mwang jayashatrumu,… ya siya nu nyiyan sakakala gugunungan ngabalau nyiyan samidam nyiyan sanghyang talaga rena mahawijaya, ya siya pun i saka, panca pandawa mban bumi,… Purbatisti purbajati, mana mo kadatangan ku musuh ganal musuh alit, suka kretatang lor kidul kulon wetan kena kretaras, sing para dewata kabeh pada bakti ka Batara Seda Niskala…Pahi manggihkeun si tuhu lawan pretyaksa…
Ahuunngg…RaHayu

Sang Hyang Sirah
Sastra Ujung Kulon
Prasasti Ujung Kulon
(Ti Pupuhu Nu Sejati) sumber : SANGATEN

1. Ujar-ujar panglungguhan para susuhunan Jajar pusaka titis waris karatuan Udagan para kusumah nyampurnakeun badan Nyandak waris pituduh, ti Bumi Suci Banyu Rasa Kahuripan Geusan pibekeleun para satria ngaguar cumarita sangaten
2. Kinayungan nu mawa pangadegan wahyu Cakra Ningrat Utusan ti Pajajaran nu pasti, sanes ti Kalinyamat Lumungsurna teu mawa jimat, tapi mibanda sah adat Olohok lain kabengbat kunu jadi, tapi inget ka riwayat Nalika jaman nu parantos kaliwat
3. Umbul-umbul siloka tanjung bandera Jadi tanda pikeun balarea nu aya Ulah pada baburia, hijikeun tekad bangsa Nincak kana hambalan, napak dina jalanna Gumelar dina waktuna, cumarita dina hakna
4. Kikidung nu mawa beja, warisan ti pupuhu Ulah rek di popoho, lamun rek pada ngagugu Lumaku lalanang jagat, lai oge dikudu-kudu Olahan nu mikahayang, teu surti kapara guru Nurutkeun bae kahayang, ahirna kakurung nafsu
5. Ujung Kulon waris nu pasti, panglungguhan SANGHYANG SIRAH Jumeneng alas mawangi, titis waris Hyang Ulah poho kanu pasti, waris suci ti para kusumah Nitih wanci nu mustari, ngadegkeun amanah prasasti sejarah Gumelar wangsit nu pasti, ngalaksanakeun pancen amanah
6. Kakayaan waris ti gusti, pikeun ngeusi jati diri Ujian pikeun diri, ngawujudkeun ngawangun nagri Lumaku ulah ka lali-lali, komo bari ngaku-ngaku diri Omongan bari teu pasti, nyasarkeun kanu rek ngabdi Nu mana nu sejati pasti, nu nyiloka ngaraksa diri 
Kidung Eyang Santang (1 s.d 14)
Penggalan :
Buru-buru geura anu pundung
Ratu maung teu terang ratu Anu ditundung ditempat ratu
Anu mangperung leungitna ratu Anu mangperung susah payah
Putra anu bingung ………………………………
Sah Adat Ujung Kulon (pernyataan/statement/janji)
Penggalan :
Ashadu sahadat ujung kulon
Pambuka ratu sakti Ngancik suci yang mulia
Panggebray ratu ning ujung nyata
Suci kami manungsa darma titipan ……………….
Kidung Banyu Suara (1 s.d 24) (diturunkeun di Sawojajar Bogor Tahun Alip Tanggal 13 Mulud 1970)
Penggalan :
Banyu suci anu gumelar
Banyu suci tungtung hiji  Banyu ratu cahaya suci
Nu ngawujud di bumi Alam Sanghyang Sirah aya wujudna
Nyata manusa katembongna ………………………..
Sejarah Rama Agung Pajajaran (1 s.d 25)
Penggalan :
Jumeneng di Ujung Kulon
Gaduh Jenengan Ratu Agung Pangeran Sirna Putih Di Ujung Kulan di sirah nusa
Nyawa kawitan nana Sareng Ibu Agung Sanghyang Sirah



.
Wangsit Prabu Siliwangi (1 s.d 18)

 Penggalan :
Lalakon urang ngan nepi poe iyeu
Najan diya kabehan ka ngaing pada satia
Tapi ngaing hanteu meunang diya pipilueun
Milu hirup jadi balangsak Milu rudin bari lapar
Dia mudu marilih Pikeun hirup kahareupna
Supaya engke jagana jembar senang sugih mukti
Bisa ngadegkeun deui Pajajaran
Lain Pajajaran nu kiwari
Tapi Pajajaran anu anyar Anu ngadegna digeuingkeun ku obah jaman
Pilih!!
Ngaing moal ngahalang-halang
Sabab pikeun ngaing hanteu pantes jadi
Raja lamun soma sakabehna Lapar bae jeung balangsak
Terjemahan Pilih! Saya tidak menghalang halangi Sebab buat saya tidak pantas menjadi
Raja kalau umat semua Selalu lapar dan susah
Kidung Ujung Kulon (1 s.d 32)
Penggalan :
Uwung uwung awing awing
Bumi leungit keur gumulung Dilebet rasiah gumulung
Kukuncung nyatana tungtung
Sanes bukti jadi maung Tapi bukti terang
Kukuncung putih anu nulung
RaHayu…Cag

Tidak ada komentar: