PURBATISTI PURBAJATI I SUNDA SEMBAWA SUNDA MANDALA
Tri
Tangtu (Rama Resi Ratu) merupakan tiga kekuataan Purbatisti Purbajati i Bhumi
Pertiwi yang menghasilkan Uga (perilaku) Ungkara (nasehat) Tangara (tanda
alam), sebagai sistem polaperilaku dalam berbangsa dan bernegara yang telah
dipergunakan oleh para Pangagung mwah Pangluhung i Sunda Sembawa Sunda Mandala.
Panyca
Pasagi (Sir Budi Cipta Rasa Adeg) adalah lima kekuatan dalam diri manusia (Raga
Sukma Lelembutan) yang merupakan dasar kekuatan untuk menimbulkan serta
menentukan Tekad Ucap Lampah Paripolah Diri manusia yang akan dan harus
berinteraksi dengan Sang Pencipta, Bangsa dan Negara, Ibu Bapak Leluhur, Sesama
makluk hidup, dan alam kehidupan jagar raya (Buana Pancer Sabuder Awun).
Tri
Tangtu sebagai karaktek tugas (mandala pancen) diterapkan guna kepentingan
interaksi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kekuatan yang telah diberikan
kepada setiap manusia dan bangsa oleh Tuhan Yang Maha Kuasa (Gusti Hyang Widi
Sang Pencipta dan Penguasa Jagat Buana). Rama; berkarakter tugas menentukan dan
membentuk suatu ketentuan berdasarkan sifat dasar kebenaran, Resi; berkarakter
tugas mempertahankan ketentuan berdasarkan sifat dasar kebaikan, Ratu;
berkarakter melaksanakan tugas Kepemimpinan berdasarkan sifat dasar guna
manfaat. Sehingga Tri Tangtu merupakan gambaran kebaikan dan kebenaran yang
berguna manfaat.
Tri
Tangtu merupakan kekuatan sistem
dalam polaperilaku yang saling keterkaitan antar sifat baik benar dan guna,
sehingga tatkala Tri Tangtu dapat dilaksanakan maka kekuatan yang telah
diberikan oleh Sang Pencipta dalam diri, bangsa dan Negara serta Alam Kehidupan
Buana Pancer Tengah, benar-benar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya untuk
ketentraman dan kenyamanan dalam berinteraksi.
Tri
Tangtu dapat dilaksanakan oleh manusia sebagai makhluk termulya yang memiliki
kekuatan pengendali utama dalam berinteraksi tentunya harus didukung dengan
kekuatan diri manusia itu sendiri (Raga Sukma Lelembutan). Manusia memiliki
awal dan asal kekuatan yang telah diberikan oleh Gusty Hyang Tunggal melalui
kuasa dan kekuasaannya yaitu Ibu Bapak Leluhur manusia itu sendiri. Kekuatan
Awal dan Asal yang bersumber dari Ibu Bapak Leluhur tersebut adalah Sir Budi
Cipta Rasa Adeg disebut sebagai Panyca Pasagi (Catur Driya Panyca Pasagi).
Polaperilaku
yang didasari kesadaran akan Purbatisti Purbajati (Tri Tangtu Panyca Pasagi),
tidak akan bertentangan dengan nilai-nilai Dasar Negara dan Bangsa Indonesia
sekarang yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, norma social
kemasyarakatan, dan suatu agama, karena menyangkut polaperilaku yang diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk
kebaikan, kebenaran serta guna manfaat.
Polaperilaku
manusia yang didasari kekuatan diri Panca Pasagy yang bersandarkan pada Tri
Tangtu, akan menimbulkan kesadaran diri, sehingga dalam melaksanakan interaksi
kehidupannya sehari-hari sebagai bagian dari rumah tangga, keluarga,
masyarakat, rakyat, bangsa dan Negara selalu mengutamakan kebaikan, kebenaran
dan kegunaan, sehingga ketentraman dan kenyamanan dalam kehidupan sebagai
makluk termulya dapat tercapai dengan keyakinan akan kekuasaan Gusty Hyang
Widi.
Purbatisti Purbajati i Sunda Sembawa Sunda Mandala telah dilaksanakan oleh para Pangagung mwah Pangluhung Bangsa i Bhumi Pretiwi dalam memimpin bangsa dan Negara, sehingga tercapai taraf kehidupan yang sejahtera jaya sentosa, berwibawa disegani oleh semua bangsa di dunia, seluruh rakyat tunduk karena suka cita. Sehingga dituturkan kembali sebagai “kidung luhung ti karuhun, sasaka pusaka buhun, pikeun maruka wiwitan pakeun heubeul jaya di buana nanjer na juritan”, untuk diikuti dan dipahami oleh rakyat bangsa i Bhumi Pertiwi kiwari ka bihari. “mahayu na kadatuan surawisesa nu marigi sakuliling dayeuh nu najur sagala desa aya ma nu pandeuri pakena gawe rahhayu pakeun heubeul jaya dina buana,… hetunya nagaramu wus agheng jaya santosa wruh ngwang kottaman ri puyut katisayan mwang jayashatrumu,… ya siya nu nyiyan sakakala gugunungan ngabalau nyiyan samidam nyiyan sanghyang talaga rena mahawijaya, ya siya pun i saka, panca pandawa mban bumi,… Purbatisti purbajati, mana mo kadatangan ku musuh ganal musuh alit, suka kretatang lor kidul kulon wetan kena kretaras, sing para dewata kabeh pada bakti ka Batara Seda Niskala…Pahi manggihkeun si tuhu lawan pretyaksa…
Ahuunngg…RaHayuPurbatisti Purbajati i Sunda Sembawa Sunda Mandala telah dilaksanakan oleh para Pangagung mwah Pangluhung Bangsa i Bhumi Pretiwi dalam memimpin bangsa dan Negara, sehingga tercapai taraf kehidupan yang sejahtera jaya sentosa, berwibawa disegani oleh semua bangsa di dunia, seluruh rakyat tunduk karena suka cita. Sehingga dituturkan kembali sebagai “kidung luhung ti karuhun, sasaka pusaka buhun, pikeun maruka wiwitan pakeun heubeul jaya di buana nanjer na juritan”, untuk diikuti dan dipahami oleh rakyat bangsa i Bhumi Pertiwi kiwari ka bihari. “mahayu na kadatuan surawisesa nu marigi sakuliling dayeuh nu najur sagala desa aya ma nu pandeuri pakena gawe rahhayu pakeun heubeul jaya dina buana,… hetunya nagaramu wus agheng jaya santosa wruh ngwang kottaman ri puyut katisayan mwang jayashatrumu,… ya siya nu nyiyan sakakala gugunungan ngabalau nyiyan samidam nyiyan sanghyang talaga rena mahawijaya, ya siya pun i saka, panca pandawa mban bumi,… Purbatisti purbajati, mana mo kadatangan ku musuh ganal musuh alit, suka kretatang lor kidul kulon wetan kena kretaras, sing para dewata kabeh pada bakti ka Batara Seda Niskala…Pahi manggihkeun si tuhu lawan pretyaksa…
Sang Hyang Sirah
Sastra Ujung Kulon
Prasasti Ujung Kulon
(Ti Pupuhu Nu Sejati) sumber : SANGATEN
(Ti Pupuhu Nu Sejati) sumber : SANGATEN
1. Ujar-ujar
panglungguhan para susuhunan Jajar pusaka titis waris karatuan Udagan para
kusumah nyampurnakeun badan Nyandak waris pituduh, ti Bumi Suci Banyu Rasa
Kahuripan Geusan pibekeleun para satria ngaguar cumarita sangaten
2. Kinayungan nu mawa
pangadegan wahyu Cakra Ningrat Utusan ti Pajajaran nu pasti, sanes ti
Kalinyamat Lumungsurna teu mawa jimat, tapi mibanda sah adat Olohok lain
kabengbat kunu jadi, tapi inget ka riwayat Nalika jaman nu parantos kaliwat
3. Umbul-umbul siloka
tanjung bandera Jadi tanda pikeun balarea nu aya Ulah pada baburia, hijikeun
tekad bangsa Nincak kana hambalan, napak dina jalanna Gumelar dina waktuna,
cumarita dina hakna
4. Kikidung nu mawa
beja, warisan ti pupuhu Ulah rek di popoho, lamun rek pada ngagugu Lumaku
lalanang jagat, lai oge dikudu-kudu Olahan nu mikahayang, teu surti kapara guru
Nurutkeun bae kahayang, ahirna kakurung nafsu
5. Ujung Kulon waris
nu pasti, panglungguhan SANGHYANG SIRAH Jumeneng alas mawangi, titis waris
Hyang Ulah poho kanu pasti, waris suci ti para kusumah Nitih wanci nu mustari,
ngadegkeun amanah prasasti sejarah Gumelar wangsit nu pasti, ngalaksanakeun
pancen amanah
6. Kakayaan waris ti
gusti, pikeun ngeusi jati diri Ujian pikeun diri, ngawujudkeun ngawangun nagri Lumaku
ulah ka lali-lali, komo bari ngaku-ngaku diri Omongan bari teu pasti,
nyasarkeun kanu rek ngabdi Nu mana nu sejati pasti, nu nyiloka ngaraksa diri
Kidung Eyang Santang
(1 s.d 14)
Penggalan :
Buru-buru geura anu
pundung
Ratu maung teu terang
ratu Anu ditundung ditempat ratu
Anu mangperung
leungitna ratu Anu mangperung susah payah
Putra anu bingung
………………………………
Sah Adat Ujung Kulon
(pernyataan/statement/janji)
Penggalan :
Ashadu sahadat ujung
kulon
Pambuka ratu sakti Ngancik
suci yang mulia
Panggebray ratu ning
ujung nyata
Suci kami manungsa
darma titipan ……………….
Kidung Banyu Suara (1
s.d 24) (diturunkeun di Sawojajar Bogor Tahun Alip Tanggal 13 Mulud 1970)
Penggalan :
Banyu suci anu gumelar
Banyu suci tungtung
hiji Banyu ratu cahaya suci
Nu ngawujud di bumi Alam
Sanghyang Sirah aya wujudna
Nyata manusa
katembongna ………………………..
Sejarah Rama Agung
Pajajaran (1 s.d 25)
Penggalan :
Jumeneng di Ujung
Kulon
Gaduh Jenengan Ratu
Agung Pangeran Sirna Putih Di Ujung Kulan di sirah nusa
Nyawa kawitan nana Sareng
Ibu Agung Sanghyang Sirah
.
Wangsit Prabu
Siliwangi (1 s.d 18)
Penggalan :
Lalakon urang ngan
nepi poe iyeu
Najan diya kabehan ka
ngaing pada satia
Tapi ngaing hanteu
meunang diya pipilueun
Milu hirup jadi
balangsak Milu rudin bari lapar
Dia mudu marilih Pikeun
hirup kahareupna
Supaya engke jagana
jembar senang sugih mukti
Bisa ngadegkeun deui
Pajajaran
Lain Pajajaran nu
kiwari
Tapi Pajajaran anu
anyar Anu ngadegna digeuingkeun ku obah jaman
Pilih!!
Ngaing moal
ngahalang-halang
Sabab pikeun ngaing
hanteu pantes jadi
Raja lamun soma
sakabehna Lapar bae jeung balangsak
Terjemahan Pilih! Saya
tidak menghalang halangi Sebab buat saya tidak pantas menjadi
Raja kalau umat semua Selalu
lapar dan susah
Kidung Ujung Kulon (1
s.d 32)
Penggalan :
Uwung uwung awing
awing
Bumi leungit keur
gumulung Dilebet rasiah gumulung
Kukuncung nyatana
tungtung
Sanes bukti jadi maung
Tapi bukti terang
Kukuncung putih anu
nulung
RaHayu…Cag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar